Inilah Masalah dan Solusi Pada Saat Daftar CPNS Online di sscn.bkn.go.id [Wajib Baca]

LOWONGANKERJA15.COM - Informasi Pendaftaran CPNS 2017, Inilah Masalah dan Solusi Pada Saat Mendaftar CPNS di sscn.bkn.go.id [Wajib Baca], - Pemerintah Tengah membuka penerimaan calon pegawai negeri sipil untuk dua instansi yaitu Kementerian Hukum dan hak asasi manusia Republik Indonesia dan instansi Mahkamah Agung Republik Indonesia. Dalam melaksanakan pendaftaran CPNS tersebut dilakukan secara online melalui portal resmi SSCN BKN. Namun semenjak dibukanya portal SSCN BKN pada tanggal 1 Agustus 2017 lalu, banyak sekali kendala dan permasalahan yang dihadapi para pelamar dan calon aparatur sipil negara untuk mengisi data diri ataupun formasi yang mereka inginkan. Kenyataannya dalam mendaftar CPNS Kemenkumham dan Mahkamah Agung melalui portal SSCN BKN masih banyak permasalahan salah satunya kendala pendaftaran dan user ataupun password yang masih saja bermasalah

Ada dua kemungkinan bahwa dalam mendaftar CPNS melalui portal SSCN BKN yang masih saja error ataupun belum bisa diakses diakibatkan karena tingginya pengunjung CPNS untuk mendaftar. Oleh karena itu dalam melakukan pendaftaran CPNS diharapkan pada jam-jam sepi seperti dini hari ataupun subuh hari. Banyak sekali pertanyaan-pertanyaan dan permasalahan yang masuk ada kotak pemberitahuan kami melalui media sosial mengenai bagaimana cara mendaftar CPNS pada SSCN BKN dan bagaimana alur pendaftarannya

 
Inilah Masalah dan Solusi Pada Saat Daftar CPNS Online di sscn.bkn.go.id [Wajib Baca]
Inilah Masalah dan Solusi Pada Saat Daftar CPNS Online di sscn.bkn.go.id [Wajib Baca]

Berikut ini kami sampaikan beberapa masalah dan solusi pada saat mendaftar CPNS di portal resmi www.sscn.bkn.go.id yang mungkin bisa menjadi titik terang dalam memasukkan data

BEBERAPA PERTANYAAN DAN SOLUSI DALAM DAFTAR CPNS 2017: 

Berapa Batas Usia Pelamar CPNS Tahun 2017?
Solusi : Batas usia pelamar CPNS Tahun 2017 sesuai dengan pengumuman persyaratan pada masing-masing instansi.

Bagaimana jika data Kependudukan dan Catatan Sipil saya tidak sesuai dengan ijazah?
Solusi : Hubungi Kantor DUKCAPIL sesuai alamat KTP untuk melakukan perbaikan data sesuai dengan dokumen resmi yang Anda miliki.

Apakah saya dapat melamar lebih dari 1 (satu) instansi?
Solusi : Untuk formasi CPNS tahun 2017, setiap pelamar CPNS dapat mendaftar 1 (satu) formasi jabatan pada 1 (satu) instansi dalam 1 (satu) kali periode pendaftaran.

Apakah saya dapat melamar lebih dari 1 (satu) jabatan?
Solusi : Untuk formasi CPNS tahun 2017, setiap pelamar CPNS dapat mendaftar 1 (satu) formasi jabatan pada 1 (satu) instansi dalam 1 (satu) kali periode pendaftaran.

Apakah yang dimaksud periode pendaftaran?
Solusi : Periode pendaftaran adalah satu kurun waktu tertentu dimana ada beberapa instansi yang membuka pendaftaran pada saat yang bersamaan.

Bagaimana jika saya mengalami kendala pendaftaran pada Instansi yang menggunakan portal mandiri?
Solusi : Silahkan mengubungi Call Center atau Customer Care Instansi.

Apakah yang dimaksud dengan portal mandiri?
Solusi : Portal mandiri adalah web pendaftaran CPNS online yang dimiliki oleh instansi yang membuka pendaftaran CPNS

Bagaimana jika kode Captcha tidak terbaca atau tidak tampil?
Solusi : Lakukan clear history kemudian refresh browser Anda dengan tekan (ctrl + f5).

Bagaimana jika data tempat lahir saya tidak ada di referensi?
Solusi : Data tempat lahir yang digunakan sampai pada Daerah Tingkat II (Kab/Kota) pada saat anda lahir dan bukan data wilayah pemekaran saat ini. Pastikan data tempat lahir yang anda ketikkan benar. Jika masih membutuhkan penambahan referensi maka anda dapat melakukan permintaan penambahan data tempat lahir dengan mengklik link tombol HelpDesk

Pada saat login SSCN, muncul konfirmasi "User Tidak Ditemukan", bagaimana solusinya?
Solusi : Cek kembali Kartu Informasi Akun SSCN Anda, pastikan username yang anda ketik sesuai dengan username pada Kartu tersebut. Jika masih muncul informasi "User Tidak Ditemukan" maka anda dapat menghubungi HelpDesk SSCN 2017.

Pada saat login SSCN, muncul konfirmasi "User Tidak Ditemukan", bagaimana solusinya?
Solusi : Kami akan melakukan pengecekan pada database SSCN 2017, untuk itu kami membutuhkan beberapa dokumen (FC KTP, KK) sebagai bukti pencarian data. Anda dapat menghubungi HelpDesk SSCN 2017.

Pada saat login SSCN, muncul konfirmasi "Password Salah", bagaimana solusinya?
Solusi : Cek kembali Kartu Informasi Akun SSCN Anda untuk memastikan User dan Password sudah terdaftar ke SSCN. Silahkan menuju HelpDesk SSCN 2017.

Sudah melakukan pendaftaran akun SSCN 2017, apakah bisa langsung login untuk melanjutkan pengisian biodata pendaftaran?
Solusi : Setelah anda melakukan pendaftaran akun SSCN 2017, maka anda dapat langsung melakukan pengisian biodata pendaftaran dengan login menggunakan NIK dan password yang sudah dibuat.

Dapatkah saya mengganti/membatalkan instansi yang telah saya pilih?
Solusi : Anda tidak dapat mengganti instansi yang telah anda pilih apabila anda sudah menekan tombol kirim.

Apakah boleh memperbaiki data yang sudah dikirim?
Solusi : Anda TIDAK DAPAT memperbaiki data yang sudah di kirim, sehingga agar anda BERHATI-HATI dalam mengisi data. Apabila ternyata masih ada data yang perlu diperbaiki setelah dikirim maka data tersebut dapat diperbaiki pada saat setelah lulus ujian dan akan proses pemberkasan untuk penetapan NIP

Bagaimana cara mengubah pilihan instansi pendaftaran?
Solusi : Jika anda belum melakukan "simpan" pendaftaran maka anda masih dapat merubah pilihan instansi yang dilamar, namun jika anda telah selesai melakukan pendaftaran maka anda TIDAK DAPAT MELAKUKAN PERUBAHAN pilihan instansi yg dilamar.

Demikianlah informasi mengenai masalah dan solusi yang sering terjadi pada saat mendaftar CPNS di SSCN BKN cara online, semoga solusi yang kami berikan bermanfaat bagi anda dan tetap ikuti perkembangan informasi pendaftaran CPNS 2017 melalui situs kami disini, sumber  sscn.bkn.go.id
Share on :